Home » » Tentang Wonotunggal Batang

Tentang Wonotunggal Batang

Written By Arif Stiawan on Friday, December 21, 2012 | 8:05 AM

jembatan sendang

Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Propinsi jawa tengah, Indonesia. Wonotunggal adalah sebuah kecamatan yang berada di kabupaten batang yang keduanya (batang dan wonotunggal) sama-sama kawasan yang "asing" bagi kebanyakan masyarakat di luar jawa tengah. hal ini sangat disayangkan sekali mengingat sebenarnya kabupaten batang, khususnya kecamatan Wonotunggal yang memiliki banyak potensi sekali sumber daya alam  dan potensi sumber daya manusia yang sangat bagus namun belum bisa dimanfaatkan secara optimal.

Kecamatan Wonotunggal terletak diantara 3 kecamatan yang cukup besar di kab.Batang, yaitu diantara kec.batang, kec.bandar, dan kec. warung asem. Melihat hal ini, seharusnya Kecamatan Wonotunggal merupakan daerah yang sangat strategis untuk dijadikan lahan perekonomian. apalagi di Desa Wonotunggal yang disana ada simpang 3 yang menuju Batang, Warung Asem dan Bandar.

Namun pada kenyataannya, Kecamatan Wonotunggal, khususnya kelurahan wonotunggal sendiri sangat sepi dengan aktivitas perdagangan. Hal ini mungkin karena di Wonotunggal tidak mempunyai pasar induk yang bisa menampung para pedagang dan pembeli untuk melakukan transaksi dan interkasi perdagangan yang merupakan senjata paling ampuh untuk meningkatkan perekonomian daerah. ada memang sebuah pasar baru yang baru saja dibuat belum lama, tapi sepi peminat. terang saja, pasar baru tersebut terletak di desa tegalsari (tugu) yang sangat sepi. sehingga para pedagang tidak yakin kalau mereka membeli kios di situ bisa laku atau tidak, karena pasarnya terletak di depan SMP Wonotunggal 01 yang jarang dilewati oleh mobil dan motor. selain itu juga tidak ada angkot yang lewat jalan tersebut. al hasil, bangunannya jadi rusak sebelum terpakai alias mubadzir. Saya tidak tahu apa alasannya komplek pasar wonotunggal di bangundisana, hal apa yang menjadi pertimbangan sehingga terjadi hal demikian mungkin yang mempunyai kewenangan yang lebih tahu.

Terlepas dari hal tersebut, saya secara pribadi bangga menjadi anak wonotunggal, walaupun sering dijadikan sebagai bahan ejekan oleh orang-orang dari daerah lain, ada yang mengatakan kecamatan sepi, desa mati, dan yang lain. Sebenarnya walaupun sepi, Kecamatan wonotunggal termasuk kecamatan yang maju, dan mandiri. terlihat dari kehidupan masyarakat yang sejahtera walaupun sederhana. Kebahagiaan tidak terletak dari besar kecilnya penghasilan yang yang kita peroleh, tetapi bagaimana kita biosa mensyukuri apa yang kita peroleh. jika kita sudah bisa bersyukur atas apa yang Allah berkiak kepada kita, insyaAllah hibup ini terasa mudah, tidak susah, dan kebahagiaan akan selalu menghampiri kita.

Sebagian besar masyarakat Wonotunggal berpencaharian sebagai petani, secara wonotunggal merupakan daerah yang subur dan masih sedikit pembangunan berupa perumahan dan ruko-ruko yang sekarang merajalela. kesuburan, keasrian, dan kehijauan wonotunggal ini membuat saya semakin bangga dengan Kecamatan Wonotunggal karena masyarakat di Kecamatan Wonotunggal sudah menjalankan progran Go Green sebelum disuru oleh pemerintah. kesadaran masyarakat wonotunggal sangat tinggi terhadap lingkungan, sehingga lingkungan di wonotunggal sangat nyaman. bahkan dari hasil pertaniannya tersebut wonotunggal terkenal dengan hasil Salaknya, yaitu Salak Sodong.

Selain bertani, masyarakat wonotunggal juga kebanyakan menjadi pedagang. menjadi pedagang adalah pekerjaan yang sangat baik, bahkan Rasulullah menyuruh umatnya untuk mencari nafkah dengan jalan berdagang. jaid selain ramah lingkungan, masyarakat wonotunggal juga sangat taat dalam beragama dengan menjalankan sunnah Rasulyaitu denga berdagang. Bahkan dijelaskan dalam hadits bahwa 17 pintu rizki itu adalah dengan jalan perdagangan.

Banyak juga masyarakat Wonotunggal yang menjadi pegawai negeri. hal ini mencerminkan bahwa masyarakat wonotunggal adalah masyarakat yang berpendidikan tinggi, karena hanya orang-orang yang berpendidikanlah yang bisa menjadi pegawai negeri.

Bp Tri di BP3K Wonotungga
Sebagian yang lain ada yang menjadi buruh, membantu orang-orang kaya yang lagi kesusahan, yang tidak bisa melakukan pekerjaan sendiri. ini juga menunjukkan kalau masyarakat wonotunggal itu peduli dengan lingkungan, tenggang rasa, dan memiliki jiwa saling tolong menolong yang tinggi. Hal ini juga sesuai dengan perintah Allah untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa.

sekian dulu artike Tentang Wonotunggal Batang  kali ini. apapun pandangan anda tentang Wonotunggal Batang. yang jelas saya adalah anak wonotunggal yang cinta akan tanah kelahirannya.

Gimana Artikel Tentang Wonotunggal Batang ini, mantab kan? Sobat boleh menyebarkannya jika artikel Tentang Wonotunggal Batang ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Tentang Wonotunggal Batang sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Join Me On: Facebook :: Arif Stiawan ::

Share this article :
 
Support : 085 868 984 089
Copyright © 2013. Arif Setiawan Wonotunggal - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger